WAHYU DP || BLC TELKOM KLATEN

Blog yang berisi tentang apa yang membuatku mudah berikan hatiu padamu, Takan habis sejuta lagi untuk menceritakan cantikmu, Kan teramat panjang puisi tuk menyuratkan cinta ini.

Rabu, 14 Juni 2017

Pembuatan Gmail


Assalamu’alaikum wr.wb

A, Pendahuluan

     Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahua tentang tata cara membuat Gmail dengan benar.

1Pengertian
     
     Gmail adalah layanan surel milik Google.Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS,protokol POP3 atau IMAP4.Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004[9] dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta.Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.
     Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu.Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuak berorientasi pencarian dan "tampilan percakapan" yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax.Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux.Hingga Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.
     Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.
     Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

2. Latar Belakang

      Saya ingin berbagi pengetahuan tentang membuat gmail karena menurut saya email itu penting bagi orang yang berbisnis,menggunakan handphone dan lain-lain yang menggunakan email untuk berkomunikasi ataupun untuk mengirim surat kepada pengguna email lainnya.Mengapa saya memilih menggunakan gmail dari pada yang lain karena gmail mempunyai keunggulan tertentu dan sudah saya jelaskan diatas.

3. Maksud dan Tujuan
  • Mempelajari bersama tentang tata cara pembuatan gmail.
  • Mempermudah pembaca untuk memahami tata cara membuat gmail.

4. Hasil yang Diharapkan
  • Pembaca dapat memahami tata cara pembuatan gmail.
  • Pembaca dapat mengetahui bagian-bagian yang ada pada pembuatan gmail

B. Alat dan Bahan
  
    Untuk syarat pembuatan gmail itu harus masuk pada situs Google yang dapat diakses di https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=zqtAWaK3NZaUvQT525WQBA.

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

     Untuk pembuatan gmail ini tidak memerlukan waktu yang lama cukup sekitar 10 menit saja sudah jadi.

D. Proses dan Tahapan Kerja

     Pertama kita masuk ke situs Google seperti pada gambar dibawah ini.Ketikkan Gmail,kemudian double klik Gmail - Google
 











Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini.Jika PC/HP yang digunakan untuk membuat Gmail sudah ada Gmailnya maka keluarkan Gmailnya terlbih dahulu.Kemudian klik “Use another account”























Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini.Karena kita akan membuat baru maka kita klik More options






























Kemudian akan muncul perintah seperti dibawah ini.Klik Create account.




























 Kemudian akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini
 
























Isikan data sesuai yang anda inginkan contohnya seperti dibawah ini.Jika terjadi kesalahan dalam pengisian pada Choose your username berarti nama yang ditulis tersebut sudah digunakan oleh orang lain maka untuk itu kita bisa menambahkan nomor untuk membedakan dengan yang sudah ada. Pada Create a password isikan password yang akan digunakan,dan pada Confirm your password kita tulis ulang password yang tadi sudah kita tulis.Kemudian isikan bulan,tanggal,tahun berapa kamu lahir. Pada selanjutnya yaitu Gender kita pilih sesuai dengan kelamin kita misalkan Male berarti Laki-Laki dan Female berarti Perempuan. Pada Mobile phone tidak di isi juga tidak masalah. Kemudian jika kamu sudah punya email maka ketikkan pada Your current email address dan jika belum punya biarkan kosong saja. Kemudian pada Location kita pilih sesuai negara kita tinggal. Klik Next step



































 Kemudian akan muncul halaman seerti dibawah ini.Gambar dibawah ini adalah jendela pertama Gmail setelah pembuatan Gmail berhasil.


















Kemudian jika ingin mengedit atau memasukan foto untuk profil Gmail kita Klik Lingkaran yang ada huruf inisial Gmail kita.








Kemudian akan muncul seperti ini.Jika ingin mengedit Klik My Account. Jika ingin keluar Klik Sign out. Jika ingin menambahkan account Gmail Klik Add account.Finish





















E. Hasil yang Didapatkan

    Dapat memahami tentang tata cara pembuatan Gmail dengan benar

F. Temuan Permasalahaan

     Permasalahan yang sering dialami ketika pembuatan Gmail adalah pada saat mengiisikan Choose your username.Karena pengguna Gmail sudah sangat banyak maka nama yang akan kita gunakan biasannya sudah digunakan oleh orang lain maka kita harus memberi sedikit perbedaan denan menambahkan nomor ataupun huruf agar berbeda.

G. Kesimpulan yang Didapatkan

    Dari membaca kita dapat mengetahui apa yang kita belum kita ketahui.

H. Referensi dan Daftar Pustaka

Sekian postingan saya mengenai Pembuatan Gmail.Jika ada kesalahan dalam kalimat atau gambar yang kurang jelas saya minta maaf.Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.Terima kasih

Wassalamu’alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar