WAHYU DP || BLC TELKOM KLATEN

Blog yang berisi tentang apa yang membuatku mudah berikan hatiu padamu, Takan habis sejuta lagi untuk menceritakan cantikmu, Kan teramat panjang puisi tuk menyuratkan cinta ini.

Kamis, 06 Juli 2017

Diskusi bersama Mbah Suro


Assalamu'alaikum wr.wb

A, Pendahuluan

  Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang kegiatan kami pada hari kamis,6 Juli 2017 di BLC Telkom Klaten yaitu diskusi bersama Mbah Suro tentang Komunikasi,Frekuensi,Sinyal Digital dan Analog,Listrik Statis dan Dinamis,Jaringan Telekomunikasi,Sejarah Listrik.

1.Pengertian

   Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik.

2. Latar Belakang

   Karena semua komponen yang ada pada PC atau Komputer itu bisa dijalankan jika ada Listrik maka kita semua harus memahami tentang Listrik


3. Maksud dan Tujuan

  Agar semua memhami tentang dasarnya yaitu Listrik.

4. Hasil yang Diinginkan

  Paham tentang Listrik.

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

    Waktu untuk kami berdiskusi mulai dari jam 10:00 s/d 12:10

D. Proses dan Tahapan Kerja

   Pertama membahas tentang Komunikasi apa sih itu Komunikasi?
  Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Dalam ilmu IT kita harus memahami apa itu Komunikasi karena dalam ilmu IT Komunikasi itu sangat penting misal Komunikasi data.
   
   Kemudian kami membahas tentang Listrik karena untuk berkomunikasi kita harus membutuhkan listrik agar alat yang digunakan untuk berkomunikasi bisa dijalankan. Apa itu Listrik?
 Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio. Dari Listrik ini dapat menghasilkan sinyal-sinyal untuk menyalurkan data atau dengan kata lain Komunikasi, yaitu sinyal analog dan digital.

Sinyal Analog Isyarat analog adalah istilah yang digunakan dalam ilmu teknik (terutama teknik elektro, teknik informasi, dan teknik kendali), yaitu suatu besaran yang berubah dalam waktu atau dan dalam ruang, dan yang mempunyai semua nilai untuk untuk setiap nilai waktu (dan atau setiap nilai ruang). Digunakan juga istilah isyarat kontiyu, untuk menggambarkan bahwa besaran itu mempunyai nilai yang kontinyu (tak terputus).

Sinyal Digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner), sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya pun mudah, cepat dan akurat, tetapi transmisi dengan isyarat digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya isyarat ini juga dikenal dengan isyarat diskret.

Dalam kedua sinyal ini mempunyai perbedaan yang sangat jauh, untuk lebih jelas kita dapat memahami pada gambar dibawah ini

Hasil gambar untuk sinyal analog dan digital 

Dari gmbar diatas kita bisa membedakan antara sinyal analog dengan sinyal digital. Misal kita akan mentransfer data dari PC1 ke PC2 dari PC1 terdapat sinyal digital dan setelah mengirim data dan pengiriman itu berubah menjadi sinyal analog dan setelah sampai pada PC2 dan diproses menjadi sinyal digital dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa pengiriman data dari sinyal digital ke sinyal analog dan kembali lagi ke sinyal digital bisa dikatakan Modulator Demodulator (MODEM) berarti PC bisa juga dijadikan MODEM.

Kembali lagi ke Listrik terbagi menjadi dua yaitu Listrik Statis dan Dinamis.
Listrik Statis adalah energi yg dikandung oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik benda tersebut dapat positif maupun negatif.
Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak atau mengalir dalam rangkaian listrik. Arus listriknya merupakan aliran muatan listrik yang umumnya melewati kawat penghantar tiap satuan waktu. 

Selain itu ada juga sinyal  AM dan FM biasanya terdapat pada Radio.

Modulasi amplitudo (AM) adalah proses memodulasi isyarat frekuensi rendah pada gelombang frekuensi tinggi dengan mengubah-ubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi tanpa mengubah frekuensinya.

Modulasi frekuensi (FM) adalah metode untuk menyampaikan informasi melalui gelombang pembawa dengan memvariasikan frekuensi,


Modulasi Frekuensi (Frequency Modulation = FM ) adalah proses menumpangkan sinyal informasi pada sinyal pembawa (carrier) sehingga frekuensi gelombang pembawa (carrier) berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) gelombang sinyal informasi.
E. Hasil yang Didapatkan

Memahami tentang Listrik dan Sejarah Listrik beserta fungsinya.

F. Temuan Permasalahaan

Permasalah yang sering terjadi yaitu menyalah gunakan fungsi listrik.

G. Kesimpulan yang Didapatkan

Manfaatkanlah Listrik sebaik-baiknya jika tidak bisa dibayangkan jika didunia tidak ada listrik.

H. Referensi dan Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar