WAHYU DP || BLC TELKOM KLATEN

Blog yang berisi tentang apa yang membuatku mudah berikan hatiu padamu, Takan habis sejuta lagi untuk menceritakan cantikmu, Kan teramat panjang puisi tuk menyuratkan cinta ini.

Rabu, 26 Juli 2017

Transfer File ke Server via FTP

Assalamu'alaikum wr.wb

PENDAHULUAN

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang installasi ftp pada server kita.

Pengertian

File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman\ berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah antar jaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Latar Belakang

 Meng implementasikan FTP untuk media transfer file antar mesin-mesin yang berbeda jaringan.

Maksud Dan Tujuan

Mempermudah dalam mentransfer file ke server dan tidak perlu untuk copy paste dan menyolokan flash disk ataupun media lainnya pada server cukup kita remote saja.

Hasil yang diinginkan

Agar dapat memahami konsep pengiriman file menggunakan FTP

ALAT DAN BAHAN

- Koneksi Internet
- Server
- PC/Laptop

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Waktu yang saya gunakan untuk meginstall ftp dan mentransfer data kurang lebih sekitar 10 menit

PROSES TAHAP PELAKSANAAN PEKERJAAN

Pertama kita remote dulu server kita menggunakan ssh root@IP


Kemudian kita masuk sebagai super user seperti gambar dibawah ini


Setelah masuk ke super user kita install proftpd nya dengan perintah seperti pada gambar dibawah ini.


pada saat installasi maka akan muncul tampilan seperti dibawah ininkita pilih saja standalone
tunggu sampai proses installasi selesai



Kemudian setelah selesai kita masuk ke konfigurasi proftpd dengan perintah seperti dibawah ini


 kemudian tambahkan dibagian paling bawah dengan tulis seperti dibawah ini
<Anonymous /home/[nama_user]/>
User 
</Anonymous>
kemudian keluar dan save


kemudian restart proftpd dengan perintah dibawah ini



setelah itu kita langsung buka saja pada browser
ftp://[IP_Anda]
 masukan user dan password phpmyadmin



maka akan muncul tampilan awal ftp seperti gambar dibawah ini
nah ini file yang sudah ada diserver saya.


jika belum tahu cara mentransfer file nya maka akan saya berikan konsepnya

pertama kita masuk ke folder yang ada file yang akan kita transfer
saya akan mentransfer winbox.exe yang berada pada folder download
dengan perintah 
scp [nama_file] root@[IP_server]:/home/wahyu/
kenapa saya copy ke /home/wahyu/ karena saya installasi ftpnya di /home/wahyu/ jadi ftp yang saya install berada pada direktori /home/wahyu/


kemudian kita refresh ftp yang ada pada browser
kemudian lihat maka akan muncul file yang tadi saya transfer


nah sekian post dari saya tentang ftp semoga bermanfaat

HASIL YANG DIDAPATKAN

Berhasil dalam instalasi ftp dan berhasil transfer data.
KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Kita tidak perlu untuk masuk ke ruangan server hanya untuk transfer atau copy file ke server kita dapat menggunakan ftp ini agar lebih hemat
REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar